Resolusi 2023: Hidup Lebih Sehat

Yasier Fadilah
3 min readJan 15, 2023
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Sekarang kita udah memasuki tahun 2023. Semoga tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya yaa.

Di momen tahu baru ini, saya nggak netapin resolusi yang muluk-muluk. Saya cuma berusaha perbaiki beberapa bagian hidup. Dengan cara membangun kebiasaan baru.

Jadi, beberapa hari ini, saya sedang bangun kebiasaan baru. Beberapa kebiasaan yang fokusnya lebih ke kesehatan fisik, mental, emosional dan spiritual. Karena perbaikan kesehatan ini bisa bantu hidup jadi lebih baik. Saya memang udah terbiasa dengan gaya hidup sehat, cuma ada hal lain yang baru saya sadari, yang ternyata juga penting buat kesehatan.

Ada 3 kebiasaan yang jadi poin utama di tulisan kali ini, yaitu: Yoga atau stretching, banyakin minum air putih dan nanam buah dan sayur sendiri. Oke, saya jelasin, kenapa mau ngebiasain ini.

Yoga / Stretching

Saya mulai biasain yoga karena gerakannya bisa bantu ningkatin kesehatan fisik dan mental. Awalnya saya nggak tau kalau gerakan-gerakan yoga itu banyak yang mirip dengan gerakan stretching sebelum mulai olahraga. Sebenarnya saya sering lakuin gerakannya, cuma baru tau kalau itu adalah gerakan yoga.

Dari situ, saya mulai biasain Yoga tiap pagi setelah bangun tidur. Sama aja sih kaya stretching seluruh badan. Alhasil, badan saya lebih enakan, nggak sering pegel-pegel lagi. Ya, karena saya suka pegel kalau duduk kelamaan.

Dilansir dari alodokter.com, yoga bermanfaat untuk mengurangi stress, meningkatkan kebugaran, baik untuk penderita sakit jantung, mengatasi sakit punggung dan meringankan gejala asma.

Banyakin Minum Air Putih

Sebelumnya, saya memang suka minum air putih atau air mineral. Normal lah ya. Tapi, porsinya sedikit. Saya minum paling sebelum atau sesudah makan. Di luar itu, cuma sedikit. Dan ternyata porsi minum saya sehari itu kurang. Makanya saya suka pusing atau sakit kepala. Karena menurut yang saya baca, sakit kepala ini bisa disebabkan kurang minum.

Lalu, saya juga ngurangin minuman yang mengandung banyak gula dan kafein. Ya, saya ngurangin minum yang manis-manis dan ngurangin minum kopi. Setelah lama biasain minum kopi, kayanya ada efek yang kurang enak di badan saya. Paling minum sekali-sekali aja. Mungkin saya nggak cocok sama kafein.

Dilansir dari alodokter.com, banyak minum air putih bisa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan sendi dan otot, menurunkan berat badan, memelihara kesehatan kulit, menjaga konsentrasi, dst.

Setelah banyakin minum air putih, saya mulai ngerasain perbedaannya. Saya jadi jarang pusing lagi. Kesehatan saya jadi lebih stabil.

Nanam Buah dan Sayur Sendiri

Ngomong-ngomong bapak saya suka ngerawat tanaman. Ada beberapa tanaman di sekitar rumah. Menurut saya, itu kebiasaan yang bagus. Cuma, saya nggak langsung tertarik buat merawat tanaman juga.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya mulai tertarik nanam buah dan sayur secara organik dan hidroponik. Saya sadar dengan pentingnya makanan organik buat kesehatan tubuh. Makanan organik sebenarnya lebih baik dibandingkan non-organik.

Selain menanam, saya juga mau memakannya. Jadi, saya ngerasain buah atau sayur yang ditanam dan dirawat sendiri. Pasti ada kepuasaan tersendiri. Dan pastinya bisa lebih sehat dengan memakan buah dan sayurnya.

Tiga kebiasaan tadi akan menghiasi hari-hari saya di tahun 2023 ini. Harapannya bisa bertahan terus sampai tahun-tahun berikutnya. Saya selalu penasaran dengan hal-hal baru. Terutama yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

Pesan saya buat kamu:

Coba mulai kebiasaan baru yang lebih sehat. Kamu bisa melakukan apapun yang menyehatkan. Tapi nggak mesti yang ribet. Kamu pun bisa melakukan tiga kebiasaan saya tadi.

Tahun baru nggak mesti lakuin sesuatu yang benar-benar baru. Kadang, ada sesuatu yang jarang kita sadari, padahal itu bagus buat dilakukan. Seperti saya yang mulai jalanin yoga atau stretching tiap pagi, lebih banyak minum air putih dan menanam buah dan sayur sendiri. Coba deh mulai bangun kebiasaan barumu sendiri.

Jadi, apa yang baru di tahun baru ini?

--

--

Yasier Fadilah

I write about personal growth, business and productivity. You can also find me on IG @yasierfadilah. Thank you for reading.